Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Lindung Mistis Penuh Petualangan

By | 13th August 2019

Ini adalah bagian dari kode petualang yang ditulis di atas salah satu pintu masuk ke Taman Nasional Alas Purwo, yang mengirimkan pesan kuat kepada siapa pun yang memasuki area untuk mengindahkan dan melestarikan salah satu hadiah terbesar Ibu Alam bagi umat manusia. Meliputi area total 43.420 hektar, Taman Alas Purwo terletak di Semenanjung Blambangan di Kabupaten Banyuwangi, di ujung tenggara Jawa Timur, di semenanjung yang berhadapan langsung dengan Pulau Bali.

Taman ini terdiri dari hutan bakau, sabana, hutan monsun dataran rendah dan pantai berpagar karang. Taman ini dianggap memiliki hutan hujan tropis paling alami dan salah satunya adalah yang tertua di Indonesia. Ribuan burung yang bermigrasi mengunjungi hutannya yang asli setiap tahun dan kura-kura datang untuk bertelur di pantai terpencil.

Alas Purwo juga merupakan rumah bagi beberapa spesies langka dan terancam punah yang meliputi banteng atau banteng Jawa (Bos javanicus), lubang atau anjing liar Asia (Cuon alpinus), monyet daun perak, merak hijau, burung hutan merah, penyu belimbing zaitun, penyu sisik, penyu sisik kura-kura dan kura-kura hijau. Hutan juga menjadi tempat tinggal kancil (Muntiachus muncjak), kera ekor panjang, monyet lutung, rusa Jawa (Cervus timorensis), burung kangkareng (Antracoceros coronatus), dan burung rangkong atau rangkong (Buceros undulatus).

Dalam bahasa Jawa, Alas Purwo secara harfiah berarti “Hutan Kuno atau Hutan Purba”. Menurut legenda setempat, Alas Purwo adalah situs tempat bumi pertama kali muncul dari laut. Banyak yang mencari pencerahan spiritual dan mistikus berkumpul di sini selama bulan Suro, Tahun Baru Jawa. Peziarah ini datang untuk bermeditasi di gua-gua seperti Gua Istana (Gua Istana), Gua Putri (Gua Putri), Gua Padepokan (gua rumah pertemuan), dan juga Gua Macan (Gua Harimau). Pura Giri Selokah, sebuah kuil Hindu di taman, juga menarik banyak peziarah, terutama selama ritual suci Hindu Pagerwesi.

Kesana

Taman Nasional Alas Purwo terletak di kabupaten Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, di provinsi Jawa Timur. Sekarang ada penerbangan reguler dari Bali ke Banyuwangi serta antara Surabaya dan Banyuwangi. Bergantian Anda dapat melakukan perjalanan darat dari Surabaya, ibukota Jawa Timur. perjalanan akan memakan waktu sekitar 10-12 jam dengan mobil.

Rute ini akan membawa Anda dari Surabaya ke Jember sekitar 4-5 jam perjalanan dan kemudian melanjutkan ke tenggara ke Gunung Kumitir-Kalibaru-Glenmore-Genteng-Rogojampi selama sekitar 2 jam. Dari Rogojampi di Banyuwangi, rute berlanjut ke Srono-Muncar dan Tegaldimo selama sekitar 2 jam. Dari Tegaldimo dibutuhkan 1 jam perjalanan lain sebelum Anda mencapai pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo.

Dari pulau tetangga Bali, Anda juga dapat mencapai Alas Purwo dengan naik feri melintasi Selat Bali dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, dan kemudian melanjutkan sepanjang rute yang sama dari Banyuwangi ke Alas Purwo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *